Istilah Psikologi

1. Anima : kata latin untuk “jiwa”, yang digunakan Jung untuk menunjukkan lapisan “bawah-sadar” yang lebih daripada “bayang-bayang”nya.
2. Asosiasi bebas (free-association) : metode “psikoanalisis” yang didalamnya seseorang secara terbuka melaporkan kepada terapis segala sesuatu yang memasuki pikiran sadarnya sewaktu hal itu muncul. Prosesnya sering berawal dengan pengajuan kata atau sejumlah kata secara acak oleh terapis. Bagi terapis, tujuannya adalah mendeteksi pengaruh “bawah sadar” yang mengendalikan asosiasi itu.
3. Bawah-sadar (unconscious): Aspek psiki yang mengandung segala sesuatu yang tidak mudah diakses ke bidang kesadaran terdekat.
4. Behaviorisme (behaviorism) : ilmu yang didirikan oleh John B. Watson dan dipopulerkan B.F Skinner, yang mendefinisikan psikologi sebagai studi tentang aktivitas-aktivitas yang bisa diamati (yaitu perilaku).
5. Delusi (delusion) : keyakinan sesat yang tidak akan dilepas walaupun bukti kesesatannya dihadirkan.
6. Jiwa (soul) : salah satu dari tiga aspek kodrat manusia, yang keabadiannya dihadirkan oleh Plato dan lain-lain.
7. Neurosis : kondisi psikologis yang didalamnya pola perilaku abnormal timbul sebagai akibat dari ketidakmampuan dalam menghadapi kecemasan dengan cara-cara yang bisa diterima secara sosial.
8. Inteligensi : kemampuan menghadapi dan menyesuaikan diri terhadap situasi baru secara cepat dan efektif, kemampuan menggunakan konsep abstrak secara efektif
9. Emotional Intelligence: kemampuan mengetahui dan menangani perasaan pribadi dengan baik, serta mampu membaca dan menghadapi perasaan orang lain dengan efektif
10. Personality : pola-pola karakteristik individual dalam menyesuaikan diri dan bereaksi terhadap stimulus sosial
11. Character : satu kualitas atau sifat yang tetap terus-menerus yang dapat digunakan sebagai ciri untuk mengidentifikasi seseorang
12. Trait : suatu pola tingkah laku yang relatif menetap terus-menerus diungkapkan dalam suatu keadaan
13. Value : satu perangkat nilai yang diterima seseorang / masyarakat dan
menjadi tujuan sosial yang dianggap berharga dan penting untuk dicapai
14. Competency: kelayakan kemampuan melakukan suatu tugas

2 komentar:

  1. kalau Nebusia itu ap kak?

    BalasHapus
  2. Aku nambahin yaaa...
    Abnormal = ketidak normalan
    Adaptasi = prilaku penyesuaian
    Afeksi = reaksi yang dapat diamati
    Anoreksia = kelainan prilaku yang ditunjukan dengan diet berlebih

    BalasHapus