Fajar Online - Mahasiswa Psikologi 45 Latih Penyandang Cacat

Fajar Online - Mahasiswa Psikologi 45 Latih Penyandang Cacat

MAKASSAR -- Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2008, Universitas 45 Makassar memperlihatkan kepeduliannya terhadap anak-anak penyandang cacat. Buktinya, Sabtu, 5 Februari, mereka menggelar training pengembangan diri khusus bagi penyandang cacat di Panti Sosial Bina Daksa Wirajaya, Makassar.

Selain wujud kepedulian, training ini juga merupakan ujian final mata kuliah Kesehatan Mental. Dengan mengusung tema "Meningkatkan Konsep Diri Positif Meraih Cita-cita" itu, mahasiswa selaku panitia berharap nantinya para peserta training ini bisa membangun konsep diri mereka sehingga mampu beradaptasi dengan kehidupan di luar layaknya teman-teman mereka yang normal.

Training yang berlangsung hanya dalam waktu yang singkat ini dibuka Dekan Psikologi Universitas 45 Makassar,  Syamsul Bachri, M.Si serta perwakilan Kepala Seksi Program dan Advokasi Sosial Dra Siti Kalsum.

"Dalam training ini kami tidak hanya memberikan materi saja, tetapi ada juga games yang bisa memacu motivasi mereka," tukas Nurul Fauziah selaku ketua panitia.     Dosen Kesehatan Mental Fakultas Psikologi Universitas 45, Sri Haryati dan Patmawaty Taibe tampil sebagai narasumber. Keduanya memberikan motivasi kepada anak-anak penyandang cacat untuk pengembangan diri.

"Training ini seperti praktik untuk para mahasiswa. Kami harap ke depannya mahasiswa terus mengadakan training-training seperti ini," tukas Patmawaty Taibe.

Selain menanamkan konsep diri bagi para peserta, adapun refleksi yang dimana para peserta diperlihatkan video motivasi. Ini dimaksudkan untuk menyentuh para peserta dengan memberi banyak masukan-masukan.

"Kami coba untuk lebih membuka diri para peserta. Bahwa dibalik kekurangan yang mereka miliki tentu saja ada kelebihan," tambahnya.

Antusias peserta pun tampak jelas. Para peserta terlihat begitu aktif dalam mengikuti beberapa materi. Peserta pun tidak mau ketinggalan dalam mengikuti games-games yang sudah disuguhkan oleh panitia. Canda tawa dari para peserta pun terlihat menghiasi ruangan. (mariesa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar