Eugène Viollet-le-Duc adalah

  1. Google hari ini memperingati 200 tahun kelahiran Eugène Viollet-le-Duc, seorang arsitek dan pemikir ulung asal Prancis. Lahir di kota Paris, beliau adalah arsitek pelopor kebangkitan arsitektur Gotik.

    Bernama lengkap Eugène Viollet Emmanuel-le-Duc,  lahir pada tanggal 27 Januari 1814, beliau terkenal karena karya seninya yang bersifat “restorasi” bangunan abad pertengahan.
    Karya-karyanya sebagian besar bersifat restoratif terhadap desain bangunan independen yang telah berdiri. Sangat bertentangan dengan tren arsitektur Beaux-Arts yang berlaku waktu itu. Oleh karenanya, beliau sering dicemooh oleh orang-orang pada jamannya.
    Ia juga merupakan arsitek yang disewa untuk merancang struktur internal dari Patung Liberty, namun meninggal sebelum proyek tersebut selesai.
    Beberapa bangunan restorasinya, seperti Château de Pierrefonds, menjadi sangat kontroversial karena tidak dimaksudkan untuk membuat situasi yang akurat dengan menciptakan sebuah “bangunan sempurna” gaya abad pertengahan.
    Chateau de Pierrefonds
    Chateau de Pierrefonds
    Namun ia mengamati dari sisi lain melalui kamus raisonné yaitu: “bukan untuk mempertahankan, memperbaiki atau membangun ulang, tetapi untuk membangun kembali dalam keadaan lengkap yang mungkin tidak pernah ada pada saat tersebut”.
    Ide dan makna kata “restorasi” yang diterapkan pada arsitektur Viollet-le-Duc dianggap sebagai bagian dari sebuah inovasi modern. Praktek konservasi modern menganggap restorasi Viollet-le-Duc terlalu bebas, pribadi dan terlalu interpretatif. Faktanya, beberapa dari monumen yang mendapat sentuhan restorasinya mungkin akan lenyap apabila bukan karena beliau.
    Di akhir hayatnya, Viollet-le-Duc pindah ke daerah Lausanne, negara Swiss, dimana ia me-rekonstruksi sebuah villa yang telah dihancurkan. Beliau meninggal di tempat tersebut pada tanggal 17 September 1879, di usia 65 tahun.
    EugeneViollet-le-Duc
    Pembaca kami juga menyukai

     

    Eugène Viollet-le-Duc - Wikipedia, the free encyclopedia

    en.wikipedia.org/wiki/Eugène_Viollet-le-DucTerjemahkan laman ini
    Not to be confused with Violette Leduc. ... Eugène Emmanuel Viollet-le-Duc (27 January 1814 – 17 September 1879) was a French architect and theorist, ...
  2. Eugène Viollet-le-Duc - Wikipédia

    fr.wikipedia.org/wiki/Eugène_Viollet-le-DucTerjemahkan laman ini
    Pour les articles homonymes, voir Viollet et Leduc. ... Eugène Emmanuel Viollet-le-Duc, né le 27 janvier 1814 à Paris et mort le 17 septembre 1879 à Lausanne, ...
  3. Berita untuk eugène viollet-le-duc

    1. merdeka.com ‎- 9 jam yang lalu
      Let's be smart. Siapakah dia? Kenapa Google mendedikasikan Doodle hari ini untuknya?
    1. The Guardian‎ - 11 jam yang lalu
  4. Gambar untuk eugène viollet-le-duc

     - Laporkan gambar
  5. Eugene-Emmanuel Viollet-le-Duc (French architect) -- Encyclopedia ...

    www.britannica.com/.../Eugene-Emmanuel-Violle...Terjemahkan laman ini
    French Gothic Revival architect, restorer of French medieval buildings, and writer whose theories of rational architectural design linked the revivalism of the ...
  6. Eugène Viollet-le-Duc: Arsitek Bergaya Restorasi Asal Prancis

    sidomi.com › Profil
    20 jam yang lalu - Google hari ini memperingati 200 tahun kelahiran Eugène Viollet-le-Duc, seorang arsitek dan pemikir ulung asal Prancis. Lahir di kota Paris, ...
  7. Eugène Viollet-le-Duc celebrated in Google doodle | Technology ...

    www.theguardian.com › ... › Google doodleTerjemahkan laman ini
    11 jam yang lalu - Parisian architect had huge influence on early 19th-century theories of architectural restoration.
  8. Eugène-Emmanuel Viollet-le-Duc - Dictionary of Art Historians

    www.dictionaryofarthistorians.org/violletleduce.h...Terjemahkan laman ini
    Viollet-le-Duc, Eugène [-Emmanuel]. Date born: January 27, 1814. Place born: Paris, France. Date died: September 17, 1879. Place died: Lausanne ...
  9. Eugène Viollet-le-Duc - Google Doodle - YouTube

    www.youtube.com/watch?v=du2DmdoZc8ITerjemahkan laman ini
    20 jam yang lalu - There will be a Google Doodle about Eugène Viollet-le-Duc on 27th January, 2014. Google celebrates Eugène Viollet-le-Duc's 200th birthday ...
  10. Eugène Viollet-le-Duc's 200th birthday: Parisian architect celebrated ...

    www.independent.co.uk/.../eugne-violletl...Terjemahkan laman ini
    59 menit yang lalu - Google's latest doodle celebrates the French gothic revival architect, building restorer and theorist Eugène Viollet-le-Duc.
  11. Viollet-le-Duc, Eugène-Emmanuel - The Art Nouveau World Wide ...

    artnouveau.pagesperso-orange.fr/en/.../vld.htmTerjemahkan laman ini
    Comments on the French Gothic Revival architect, whose publications had more influence than his buildings, by Frank Derville from Art Nouveau World Wide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar