PENGELUARAN KONSUMEN DAN PERILAKU EKONOMI

Konsumen sering membeli dan menampilkan produk sebagai penanda social sebagai penanda kelas social, mereka menilai produk sebagai symbol status.
POLA PENDAPATAN
Pekerjaan Perempuan
Salah satu alasan untuk meningkatkan pendapatan adalah bahwa banyak orang yang berpartisipasi dalam angkatan kerja. Ibu dan anak adalah segmen yang paling cepat tumbuh.
Pendidikan
Faktor lain yang menentukan pola pendapatan adalah pendidikan. Biaya pendidikan mahal, namun terbayar dalam jangka waktu yang panjang.
Menghabiskan atau tidak menghabiskan
permintaan konsumen untuk barang dan jasa tergantung pada kemampuan untuk membeli. Sedangkan permintaan untuk kebutuhan cenderung stabil dari waktu ke waktu, orang dapat menunda atau menghilangkan pengeluaran lain jika mereka tidak merasa bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan uang.
Kebijaksanaan Pengeluaran
Anggaran pendapatan adalah uang yang tersedia dalam sebuah rumahtangga, yang diperlukan untuk memperoleh kenyamanan hidup.
Anggaran yang mengambil porsi paling besar dalam pengeluaran adalah anggaran tempat tinggal, transportasi, makanan dan pakaian. Satu hal yang perlu dicatat adalah, pada saat ini rumah tangga menghabiskan anggaran terbanyak untuk hiburan dan pendidikan.
KEPERCAYAAN KONSUMEN
Kepercayaan konsumen tentang masa depan adalah indicator kepercayaan konsumen, yang mencerminkan apakah seseorang optimis atau pesimis terhadap kehidupan ekonomi dan kesehatan di masa depan dan bagaimana mereka mencari jalan untuk mewujudkannya.
Apabila konsumen pesimis terhadap prospek dan kondisi ekonomi suatu negara, mereka cenderung memotong pengeluaran dan mengurangi pengambilan utang. Dan sebaliknya, apabila konsumen optimis tentang keadaan masa depan, mereka cenderung mengurangi simpanan mereka, mengambil utang, dan membeli barang-barang yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar