Psikologi konsumen


Nama           : Wati
Nim             : 45 091 036
Mata kuliah : Psikologi konsumen


Classical conditioning (Ivan Petrovich Pavlov 1849):1936):

  • Teori ini dikemukkan oleh. Pavlov mengadakan
    eksperimen disebut Condition reflex karena yang dipelajari gerakan
    otot sederhana yang secara otomatis bereaksi terhadap suatu
    perangsang tertentu. Reflex dapat ditimbulkan oleh perangsang yang
    lain yang dahulunya tidak menimbulkan reflex tadi.  Jika dikaitkan dengan contoh iklan Es krim Conello yang perangsangnya “conello… conello… super duper yummi….” Jika kita mendengar musik tersebut maka kita akan teringat dengan es krim.

Teori B.F. Skinner
  • Reincforment positif adalah perilaku yang apabila dilakukan dengan adanya penghargaan ujian maka  akan diulangi. Sebagai contoh iklan sabun mandi merk Shinzui. Dalam iklan ini, para model memperagakan jika kita ingin putih maka menggunakan sabun mandi shinzui dan dalam sabun mandi ini memberikan sebuah hadiah. Dari rangsangan tersebut maka respon akan muncul respon positif dari konsumen dan konsumen akan selalu menggunakan produk tersebut.
  • Reincforment negative adalah perilaku yang apabila dilakukan dan tidak mendapat pujian / penghargaan. Akan tetapi tetap dilakukan. Sebagai contoh sebuah produk rokok, dari produk ini konsumen sudah mengetahui bahwa banyak hal negative yang ditimbulkan oleh rokok tersebut, akan tetapi masih banyak konsumen yang menggunakannya.

Teori belajar
            Salah satu aplikasi teori belajar adalah modeling
Modelling adalah suatu bentuk belajar yang dapat diterangkan secara tepat oleh classical conditioning maupun oleh operant conditioning. Dalam modeling, seorang individu belajar menyaksikan tingkah laku orang lain sebagai model. Contohnya: Sebuah produk vitamin yang bermerk Natur E yang akan menjadikan kulit lebih lembab dan sehat. Untuk mendapatkan perhatian konsumen, produk ini diperankan oleh seorang model yang mempunyai kulit yang halus dan kencang dan tidak mempunyai efek samping sehingga banyak konsumen yang menggunakan produk tersebut.   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar